Tentang Saxophone Si Alat Musik Romantis

belialatmusik.com – Saxophone, salah satu dari keluarga alat musik tiup buluh mulai dari sopran hingga bass dan ditandai dengan tabung logam kerucut dan kunci jari. Saxophone pertama dipatenkan oleh Antoine-Joseph Sax di Paris pada tahun 1846.

Saxophone memiliki tabung logam berbentuk kerucut (aslinya kuningan) dengan sekitar 24 lubang yang dikontrol oleh tombol empuk; corongnya mirip dengan klarinet. Ventilasi kunci dua oktaf memungkinkan instrumen meluap ke register yang lebih tinggi di oktaf. Kecuali untuk sopranino dan satu bentuk saxophone B ♭ soprano, dibuat lurus seperti klarinet, saxophone memiliki ujung bawah yang terbalik dan lekukan yang dapat dilepas, atau leher, di ujung atas.

Tentang Saxophone Si Alat Musik Romantis

 

Kompas normal awalnya diperpanjang dari B (B di bawah C tengah) ke f ‴ (F ketiga di atas C tengah), tetapi segera diperluas ke bawah setengah langkah untuk memasukkan B ♭. Kompas dari anggota keluarga saxophone yang paling umum digunakan telah semakin ditingkatkan: alto dan tenor dapat terdengar satu setengah langkah di atas f ‴, dan bariton dapat terdengar satu setengah langkah di bawah B ♭.

Kompas dinaikkan secara berbeda untuk setiap anggota keluarga: B ♭ soprano, nada yang lebih rendah dari yang tertulis; E ♭ alto, yang keenam lebih rendah; tenor B ((dibuat dengan penjahat bergelombang), tingkat kesembilan lebih rendah; E ♭ bariton (dengan lekukan melingkar), satu oktaf di bawah alto; dan bass B ((bentuknya mirip dengan bariton), satu oktaf di bawah tenor. Bentuk langka, mewakili rentang ekstrim instrumen, termasuk sopranino, contrabass, dan saxophone subkontrabas.

Semua bentuk umum awalnya bernada di C atau di F; saxophone melodi C, tenor dalam C, kadang-kadang digunakan untuk memutar musik vokal tanpa transposisi.

Baca juga : Mengenal Sejarah dari Alat Musik Piano

Saxophone tidak meninggalkan catatan sejarah tentang penemuannya, yang dimaksudkan untuk band-band militer dan orkestra dan yang mungkin berasal dari percobaan dengan buluh-buluh pada instrumen kuningan. Dia dengan cepat mendapatkan adopsi resminya oleh tentara Prancis, dan segera menyebar ke negara lain.

Saxophone adalah instrumen solo yang populer di Amerika Serikat tentang Perang Dunia I dan kemudian diadopsi dalam band tari, menjadi salah satu instrumen solo paling penting dalam pengembangan ayunan dan bentuk-bentuk jazz lainnya.

Penggunaannya dalam band-band besar membawa perubahan dalam desain corong untuk menghasilkan suara yang lebih terang dan lebih tajam. Instrumen modern juga lebih lebar daripada yang awal.

Saxophone memiliki fleksibilitas besar, berpadu dengan baik dengan brasses dan woodwinds. Ini tidak banyak digunakan sebagai instrumen konser tetapi cukup menonjol dalam jazz, di mana ia merupakan kendaraan utama untuk improvisasi melodi. Di antara pemain saxophone jazz terbesar adalah Lester Young, Coleman Hawkins, Charlie Parker, Sonny Rollins, Ornette Coleman, dan John Coltrane.

Demikian ulasan dari kami tentang sebuah alat musik romantis saxophone. Sedangkan untuk membantu website Anda berada di halaman utama pencarian google kami sarankan menggunakan Jasa SEO Bergaransi, Sampai berjumpa lagi. Termakasih.

Sharing is caring!

You may also like...

shares