Mengenal Kelebihan dan Harga Skuter Listrik

belialatmusik – Skuter merupakan kendaraan bermotor roda dua yang pada bagian dasarnya memiliki lantai sebagai pijakan kaki bagi pengendaranya. Umumnya sepeda motor, mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah, berbeda dengan skuter, mesin diposisikan di bagian belakang, bisa di bagian samping atau depan roda belakang, persis di bawah tempat duduk pengendara. Ukuran roda skuter umumnya di bawah 16 inci.

Sejarah Skuter

Sebelum membahas soal harga skuter listrik, ada baiknya kita menilik kepada sejarah konsep awal dari sebuah skuter, dimana konsep  awalnya dapat dilihat pada sepeda motor buatan Hildebrand & Wolfmuller di era tahun 1894 yang menampilkan sebuah sepeda motor dengan ruang yang lega bagi kaki pengendara dan tenaga penggerak yang lebih banyak bertumpu pada mesin dibanding kayuhan pedal.

Pada tahun 1947, skuter disempurnakan sebagai alternatif kendaraan bermotor yang terjangkau bagi eropa yang porak poranda akibat perang dunia.

harga skuter listrik

Perbedaan Skuter dengan Motor Bebek

Sekalipun memiliki konsep yang hampir sama, pada bagian kaki pengendara dibuat lowong dengan dipindahkannya ruang penyimpanan bahan bakar ke bagian bawah tempat duduk pengendara, namun sepeda motor bebek atau moped memiliki transmisi dan mesin yang diletakkan di kaki pengendara, karena sejarahnya yang merupakan hasil pengembangan sepeda.

Motor bebek mulanya merupakan sepeda yang diberikan mesin kecil dan dibantu dengan pedal kayuhan. Penting untuk mengetahui perbedaan antara skuter dengan motor bebek untuk bisa memperkirakan harga skuter listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Artikel Lainnya : Tentang Saxophone Si Alat Musik Romantis

Sekilas Tentang Skuter Listrik

Skuter listrik atau yang dikenal di dunia internasional dengan electric kick scooters atau e-scooters adalah skuter yang digerakan 100% dengan tenaga listrik, sehingga tidak menghasilkan asap dan suara bising. Skuter listrik pada umumnya memiliki satu roda di bagian depan dan di belakang, namun ada kalanya skuter listrik didesain dengan tiga roda, sehingga skuter listrik juga ramah terhadap kaum difabel. Kecepatan skuter listrik biasanya berkisar antara 20 – 50 km per jam, tetapi ada juga model skuter listrik yang bisa menempuh jarak hingga 80 km per jam.

Berat rata-rata sebuah skuter listrik antara 7 – 40 kg dan mampu dibebani dengan berat 100 – 200 kg. Memang kebanyakan skuter listrik digunakan dalam posisi berdiri, namun ada juga beberapa skuter listrik yang memiliki lebih dari satu tempat duduk. Skuter listrik sudah dikenal dengan mekanisme lipat yang cepat, sehingga memudahkan untuk disimpan dan dibawa. Dengan beragam keunggulan yang dimiliki skuter listrik menjadikan harga skuter listrik menjadi kompetitif.

harga skuter listrik

Beberapa Kelebihan Skuter Listrik

Berikut rangkuman beberapa kelebihan skuter listrik yang dapat menjadi pedoman penilaian harga skuter listrik.

  • Lebih hemat dibandingkan dengan sepeda motor biasa, karena skuter listrik hanya menghabiskan kurang lebih 0.05$ per casnya.
  • Ukuranya yang lebih kecil dari sepeda motor biasa, tentu akan memudahkan untuk dibawa dan disimpan.
  • Sangat mungkin untuk dibawa ke tempat kerja, karena banyak tempat yang mengizinkan untuk membawa skuter listrik ke dalam ruangan.
  • Tidak memproduksi asap dan suara bising.
  • Dapat dilipat dalam hitungan yang relatif cepat.
  • Mudah diparkirkan, baik di dalam maupun luar ruangan.
  • Ramah terhadap lingkungan.

Tentunya sebuah produk tidak lepas dari kekurangan, demikian halnya dengan skuter listrik yang tentunya hal ini sesuai dengan harga skuter listrik yang jauh lebih murah dari harga sepeda motor biasa.

Sharing is caring!

shares