Fender Stratocaster Tak Lekang Oleh Masa

belialatmusik.com – Buat kamu yang tertarik dengan musik, tentu sudah tidak asing lagi dengan fender stratocaster. Di sejarah permusikan, fender statocaster merupakan sebuah gitar dengan desain terbaru menampilkan desain neck gitar yang tampak kecil. Perubahan desain tersebut tentu membuat beberapa gitaris agak ragu untuk mencobaya karena tampaknya tidak nyaman dipakai atau tidak memiliki kualitas setara dengan gitar yang sedang trend pada massanya. Akan tetapi sejarah dipakainya Fender Stratocaster oleh beberapa gitaris legendaris membuat gitar ini menjadi turut menjadi legenda.

Fender Stratocaster atau sering disebut Strat, merupakan model gitar elektrik yang menggunakan badan padat hasil karya agung Leo Fender beserta kawannya George Fullerton dan Freddie Tavares pada tahun 1954. Bersamaan dengan tahun penciptaannya, Fender Stratocaster juga dirilis ke pasaran namun tidak begitu mendapat ulasan positif dari para gitaris. Hal ini dikarenakan desainnya yang berbeda dan membuatnya tampak tidak nyaman digunakan.

Sampai pada ketika sosok gitaris legendari Eric Clapton menampik persepsi tersebut dengan menerbitkan buku The Stratocaster Chronicles: Fender. Celebrating 50 Years of the Fender Strat. Dalam pengantar bukunya, Eric Clapton mengungkapkan kekagumannya pada Leo Fender, yang telah menciptakan karya besar Fender Stratocaster. Menurut Eric Clapton, Stratocaster mempermudah orang bermain gitar.

Seperti kebanyakan orang, awalnya sosok Eric Clapton juga tidak berminta memainkannya Fender Stratocaster di mana desain neck atau leher gitar tampak sempit sehingga menyulitkannya melakukan bending, istilah menekan dan menarik senar untuk menaikkan nada. Terlebih Fender Stratocaster ini terbuat dari kayu rosewood, sedangkan Eric Clapton ini lebih menyukai kayu eboni.

Baca juga : Tips Meningkatkan Kecerdasan Lewat Musik pada Anak

Pada tahun 1970, menjadi tahun bersejarah bagi Fender Stratocaster di mana Eric Clapton akhirnya mencoba Strat (sebutan populer dari Fender Stratocaster) dan mengungkapkan kekagumannya. Berkat gitaris ternama itulah, nama Fender Stratocaster mulai banyak dikenal dan melegenda. Bahkan limabelas tahun kemudian, Fender Stratocaster muncul dalam seri terbaru untuk mengabadikan gitaris ternama, Eris Clapton, yang telah membawa keberuntungan pada Leo Fender. Seri terbarunya dinamai gitar Stratocaster Eric Clapton Signature yang menarik minat banyak orang. Selain Eric Clapton, Fender Stratocaster juga pernah dipakai oleh gitaris legenda lainnya yaitu Hendrix ketika tampil di Woodstock 1969.

Hingga kini, Fender Stratocaster masih diproduksi oleh Fender Musical Instruments Corporation. GItar Stratocaster ini memiliki double-cutaway. Desain upper-horn yang lebih panjang ditujuankan agar gitar lebih seimbang ketika digunakan dalam posisi berdiri. Bersamaan dengan seri lainnya yaitu Gibson Les Paul, Gibson SG dan Fender Telecaster, Fender Stratocaster merupakan salah satu model gitar elektrik paling banyak dicari dan tidak lekang oleh massa hingga sekarang. Fender Stratocaster ini masuk dalam sejarah permusikan yang telah digunakan oleh berbagai gitaris dan digunakan dalam berbagai rekaman historis sepanjang sejarah.

Sharing is caring!

You may also like...

shares