Alat Musik Zaman Renaissance Adalah Leluhur Alat Musik Modern

belialatmusik.com – Renaissance adalah periode waktu penting dalam sejarah; kata itu berarti dalam bahasa Prancis “kelahiran kembali” dan sangat tepat untuk mendefinisikan zaman historis paling spektakuler di Italia. Eropa Barat juga dipengaruhi oleh fitur utamanya, kebangkitan pembelajaran berdasarkan sumber-sumber klasik (Yunani dan Latin), dan peningkatan perlindungan kepausan, pengembangan perspektif dan kemajuan besar ilmu pengetahuan. Albrecht Durer adalah orang pertama yang menggambarkan seni Italia sebagai “kebangkitan”. Giorgio Vasari, Giotto, Masaccio, Bruneleschi dan Donatello sedang mengembangkan seni lukis dengan sempurna. Leonardo da Vinci, ilmuwan besar, pelukis dan pematung, Michelangelo mengembangkan karya seni mereka yang mengagumkan tentang keinginan untuk mempelajari alam.

Alat Musik Zaman Renaissance Adalah Leluhur Alat Musik Modern

Renaissance adalah periode yang hebat untuk instrumen musik. Musik Renaisans diwakili oleh bentuk-bentuk liturgi. Penggubah musik sakral mulai mengadopsi bentuk-bentuk baru, seperti “madrigal” dan menggunakan alat musik yang diperbaiki dari Renaissance. Genre baru yang sakral muncul; spiritualis madrigale, laude, massa dan motet. Musik instrumental dikomposisi untuk viol atau perekam. Genre yang paling populer adalah toccata, ricercar, pendahuluan, dan canzona. Gagasan hebat polyphonies, dasar dari musik masa kini, datang dari masa-masa indah itu.

Yang paling penting adalah bahwa sebagian besar alat musik modern telah berevolusi dari alat musik Renaissance. Banyak alat musik populer, seperti seruling, oboe, terompet, trombone dan gitar dapat ditelusuri kembali di zaman Renaissance. Instrumen angin sangat terkait dengan periode ini. Banyak alat musik Renaissance dibuat dari kayu, seperti shawm, seruling, perekam atau karung. Shawm adalah obo pertama; itu juga merupakan nenek moyang dari terompet dan bassoon Inggris. Semua alat musik Renaissance ini dimainkan dengan buluh ganda. Shawm menghasilkan suara yang sangat keras, kortholt dan dulcian juga. Semua alat musik Renaissance menggunakan reed-cap dan memiliki rentang dua setengah oktaf.

Cornetts juga sangat populer selama Renaissance; semuanya terbuat dari kayu. Hari ini terompet terbuat dari kuningan. Alat musik Renaissance seperti koma cornetts dalam tiga jenis: cornett melengkung, cornett bisu dan cornett lurus. Perekam, seruling dan pita melintang juga sangat populer selama Renaissance, karena mudah dimainkan.

Seruling melintang adalah alat musik pertama dari Renaissance di mana vibrato dapat digunakan. Saat ini vibrato digunakan pada alat musik skala besar.

Sharing is caring!

You may also like...

shares